Pengenalan Pilates  
rightbannerrightbanner2
Select Language :  Indonesia English
 

Pengenalan Pilates

Metode Pilates, yang telah diperkenalkan pada tahun 1920an, adalah salah satu olah tubuh pertama di Barat yang melakukan pendekatan secara holistic untuk kebugaran dan kesejahteraan. Kepopuleran Pilates akhir-akhir ini selain disebabkan karena trend masa kini tapi juga kesadaran orang-orang akan pentingnya untuk melihat diri kita masing-masing dari berbagai sisi – body, mind, spirit.

Teknik Pilates menawarkan metoda unik body control, stretching, penguatan otot dan juga meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan. Memadukan Pilates dengan olah raga yang sedang Anda tekuni sekarang akan meningkatkan kekuatan, body alignment, keseimbangan tubuh, kesadaran tubuh, mengurangi resiko cedera tubuh dan meningkatkan performa sport Anda.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari Pilates, tidak hanya cukup untuk menguasai gerakan-gerakannya dan melakukan rutinitas olah tubuh secara berkala, tapi juga dengan mengaplikasikan gerak dan posisi tubuh yang benar ke kehidupan sehari-hari. Anda akan mendapatkan kesadaran tubuh secara bertahap yang pada akhirnya otomatis dengan melakukan Pilates secara konsisten. Bersiaplah untuk melakukan perubahan bila perlu, untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup dan makan makanan sehat, juga mempertahankan tingkat kebugaran anda, mengurangi stress dan memandang kehidupan dari segi positifnya.

Teknik Pilates menolong anda untuk mengenali kekuatan dan kelemahan tubuh anda dan kemudian membantu anda untuk menyeimbangkannya kembali. Secara fungsional tekhnik Pilates berbeda dari olah raga lainnya. Fokus gerakan adalah penggunaan pusat inti (central core) untuk mengontrol gerak seluruh tubuh termasuk kaki dan tangan, sementara olah raga lain banyak yang memfokuskan lebih ke kaki dan tangan itu sendiri.

Pilates meregangkan dan memanjangkan otot-otot, membuat tubuh menjadi kuat dan kencang tanpa membentuk volume (besar-besar dan bulat), pilates juga mengajarkan kita memusatkan pikiran untuk melatih tubuh dan perlahan-lahan bertahap meningkatkan koordinasi tubuh, kesadaran tubuh, kelenturan/keluwesan tubuh dan alignment keseluruhan tubuh.

 

Mengapa Pilates?

Beberapa orang tertarik kepada Pilates karena terbukti efek pembentukan tubuhnya, tekhnik stretching dan lengthening yang membentuk otot-otot berbentuk menjadi lebih panjang dan ramping, selain itu orang-orang juga tertarik karena menginginkan tantangan olah raga yang menguatkan dan meningkatkan stamina, tapi tidak ingin mengangkat beban. Ada juga yang berpilates karena rujukan dari chiropractor, osteopath, physical therapist atau dokter-dokter pribadinya.

Banyak diantaranya yang mempunyai kelainan ataupun cedera tulang belakang dan leher, mereka menemukan Pilates adalah metode yang paling baik untuk menguatkan tubuh dan mencegah terjadinya cedera lebih lanjut.

Metode Pilates ini dimaksudkan untuk melengkapi olah-raga yang mungkin sedang anda jalani, bukan untuk menggantinya. Tidak seperti olah raga yang lain yang berformat dinamis, seperti menari, aerobik atau olah raga cardiovascular, Pilates bukanlah suatu sistem olah raga yang menaikkan suhu tubuh ataupun meningkatkan sirkulasi tubuh. Maka dari itu, selain mengikuti latihan Pilates anda juga diharapkan untuk mengikuti olah tubuh cardiovascular lainnya. Anda tidak perlu melakukan olah raga aerobik secara keras, cukup efektif hanya dengan berenang dan jalan cepat.

Pilates adalah sistem yang bekerja untuk mendukung dan melindungi tubuh saat berolah raga. Tapi, apabila anda mempunyai keluhan tertentu, menderita penyakit yang kronis, atau sering mengalami cedera, sebagian pada leher atau tulang belakang, maka anda sebaiknya pergi ke dokter dulu sebelum melakukan olah-raga apapun.

 

Keuntungan Pilates

Keamanan saat berolah raga adalah sebuah aspek yang sangat penting. Tetapi faktanya, banyak cedera yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, contohnya otot yang tertarik pada saat mengangkat barang belanjaan atau anak kecil. Sistem Pilates melatih kembali tubuh, meningkatkan kekuatan dan kelenturan, meningkatkan keseimbangan, postur, alignment dan mengontrol otot. Pada akhirnya kita menjadi lebih handal dalam mengatur kegiatan kita sehari-hari secara lebih efisien dan efektif dengan kemungkinan cedera yang lebih kecil. Dengan sistem Pilates, tubuh kita bekerja secara keseluruhan, menjaga stabilitas tubuh, keseimbangan, alignment yang benar, control otot yang baik dan pernafasan yang benar akan tetap terjaga saat sejumlah otot sedang bekerja.

Pilates mengembangkan kesadaran terhadap tubuh kita, membuat kita lebih sadar akan gerakan tubuh yang terkadang tidak kita sadari dan membantu merubah kebiasaan yang tidak baik. Pilates juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan daerah-daerah yang memerlukan perhatian, membiarkan kita untuk membangun kekuatan di daerah yang lemah.

Keuntungan Pilates adalah :

  • Meningkatkan kekuatan inti perut.
  • Membantu anda untuk membentuk otot yang lebih ramping dengan cara menguatkan dan melenturkan otot tanpa membuat otot menjadi besar-besar.
  • Mengembangkan keseimbangan, stabilitas dan fleksibilitas.
  • Mengurangi stress dan kelelahan.
  • Bekerja dengan otot dalam untuk membangun kekuatan dan kontrol tubuh.
  • Mengembangkan kesadaran pikiran dan tubuh.
  • Melatih otot-otot tanpa menyebabkan sakit atau mengurangi resiko robeknya otot atau perusakan sendi.
  • Meningkatkan kontrol otot tanpa menimbulkan ketegangan otot.
  • Sangat cocok untuk semua orang, segala umur dan tingkat kebugaran.
  • Prinsip dari Pilates dapat dikombinasikan dengan kegiatan kita sehari-hari.
  • Mengurangi rasa sakit, kaku dan tegang pada leher, bahu, punggung atas dan bawah, yang disebabkan oleh misalignment dan otot yang tidak seimbang.
 

Peringatan : Jika anda sedang hamil/sakit karena cedera, anda diharuskan untuk berbicara dahulu dengan dokter anda sebelum berlatih.

 

Sejarah

Joseph Pilates dilahirkan di Dusseldorf, Jerman pada tahun 1880. Dia adalah anak yang sakit-sakitan, dia menderita berbagai penyakit, termasuk asma, rakhitis dan reumatik. Untuk memerangi penyakitnya, dia mendedikasikan dirinya untuk secara fisik fit dan kuat. Dia belajar dan menjadi ahli diberbagai bidang olah tubuh, termasuk bodybuilding, diving (menyelam), ski dan gymnastic. Pada saat dia berumur 14 tahun dia menjadi sangat bugar sehingga bisa bekerja sebagai model untuk grafik anatomi.

Pada tahun 1912, Pilates pindah ke Inggris (United Kingdom), di sana dia bekerja sebagai petinju, pemain sirkus dan pelatih ilmu bela diri. Pada Perang Dunia I, dia menjadi tawanan perang dikarenakan kewarganegaraannya. Selama perang berlangsung dia ditempatkan di sebuah kamp di Lancaster, setelah itu dia dipindahkan di kamp lain di Isle of Man. Di tempat inilah ia menjadi perawat di rumah sakit dan mengembangkan fitness rutin untuk para narapidana. Dia mulai membuat alat, menanggalkan pegas tempat tidur dan menyambungkannya ke tembok sehingga para narapidana dapat menggunakan pegas-pegas tersebut untuk latihan sewaktu mereka terbaring sakit di atas tempat tidur mereka. Setelah epidemic flu yang membunuh ribuan orang, kelompok fitness Joseph Pilates mendapatkan perhatian dan pujian karena tidak ada satupun dari mereka yang terkena virus flu.

Setelah perang berakhir, Pilates kembali ke Jerman, menetap di Hamburg dimana dia meneruskan program fitnessnya, bekerja sama dengan polisi setempat sampai akhirnya dia diwajibkan masuk militer. Pada tahun 1926, pergi meninggalkan Jerman, dia memutuskan untuk pergi berlayar menuju Amerika Serikat. Di kapal tersebut, dia bertemu perawat muda, Clara, yang pada akhirnya menjadi istrinya.

Di New York, dia membuka studio pertamanya di 939 Eight Avenue. Sedikit sekali data yang diperoleh tentang tahun-tahun pertama studio tersebut, tapi pada tahun 1940an, dia meraih kepopuleritasannya di dunia tari. Pada tahun 1960an, banyak penari-penari New York yang datang ke studionya secara rutin, begitu juga aktor, ahli senam dan atlet. George Balanchine adalah salah satu kliennya yang ternama, dimana ia mengundang Joseph Pilates untuk mengajar para ballerinanya di New York City Ballet. Sejak tahun 1960an, metode Pilates mulai berkembang popular. Pada tahun-tahun terakhir, banyak orang yang telah menemukan keuntungan Pilates dan teknik ini menjadi salah satu sistem fitness yang populer.

Latihan Pilates original dari Joseph Pilates pada tahun 1920an, terdiri dari 34 gerakan mat. Gerakan-gerakan Pilates dipengaruhi oleh pendidikan yang dia jalani, berbagai macam olah raga dan latihan rutin dari disiplin Timur dan Barat. Rutinitasnya tidak hanya sekelompok gerakan fisik biasa, tapi didisain untuk meningkatkan kebugaran dan kesejahteraan seseorang. Pilates tidak pernah menetapkan secara formil rutinitas gerakannya, sebaliknya dia mencoba mendisain gerakan untuk masing-masing individual. Pada akhirnya, banyak pengikutnya yang menciptakan versi tekhnik Pilates mereka sendiri. Sebagai akibatnya, walaupun prinsip dasar Pilates tidak berubah, masing-masing dari mereka sekarang memiliki cara gaya pengajaran dan penekanan yang sedikit berbeda.

Muirhead, Malcolm: Total Pilates, 2003

 

kembali ke awal